oleh

Lingkungan Selayar Sukses Deklarasi STBM

KSBnews – Sumbawa Barat

Warga lingkungan selayar Kelurahan Dalam, Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melaksanakan deklarasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Deklarasi STBM yang dilaksanakan di kantor Kelurahan Dalam, pada Kamis, (05/09) kemarin. Hadir dalam acara, Camat Taliwang, Kapolsek Taliwang, Danramil Taliwang, Kepala Pukesmas Taliwang, Lurah Dalam, Babinkamtibmas, Babinsa Kelurahan Dalam, Kepala Lingkungan Selayar, serta tokoh masyarkat, tokoh Agama dan tim agen PDPGR lingkungan selayar.

Camat Taliwang, Suryaman S. STP dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara deklarasi merupakan langkah awal dari kegiatan untuk mengajak masyarakat agar selalu berperilaku hudup bersih dan sehat.

” Sanitasi Total Berbasis Masyarakat adalah suatu strategi intervensi yang menitikberatkan pada percepatan kondisi sanitasi total melalui perkembangan perilaku hidup higienis yang melibatkan seluruh komponen masyarakat, ” kata Suryaman.

Suryaman menjelaskan, masyarakat dikatakan mencapai kondisi sanitasi total apabila seluruh komponen masyarakat telah melaksanakan lima pilar STBM. Yakni tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan aman serta mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

” Mari kita tanam dalam benak diri masing-masing, bahwa kita mampu melaksanakan lima pilar tesebut, ” ujarnya.

Terpisah, Agus Suyatna SE, ketua peliuk lingkungan selayar yang juga Kasubbag Program dan keuangan dikantor Satpol PP Sumbawa Barat menyampaikan, rentetan acar deklarasi telah terlaksana dengan baik, dari proses menandatangani berita acara, deklarasi STBM hingga pembacaan ikrar bersama.

” Prestasi kebersihan dilingkungan Selayar ini sangat baik, sehingga terpilih sebagai salah satu tujuan kunjungan Asesment UNICEF pada tanggal 16 nanti, ” bebernya.

Ia menambahkan, deklarasi STBM merupakan komitmen yang harus ditingkatkan dengan monitoring evaluasi secara bertahap serta pemberitaan terus menerus kepada masyarakat sehingga tujuan STBM dapat membumi menjadi kebutuhan kehidupan masyarakat kita. (SN-02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.