oleh

Peringati Harla KSB, Budaya Barempuk Kembali Digelar

Taliwang — Peringati Hari Lahir (Harla) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang ke -18 Tahun 2021 pemerintah daerah melalui Dinas parwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) akan menggelar berbagai kesenian daerah sebagai bentuk perayaan Hari Jadi Bumi Pariri Lema Bariri ini.

Salah satu budaya atau tradisi masyarakat sumbawa yang akan digelar dibulan November ini yaitu Barempuk yang merupakan permainan rakyat samawa tempo dulu dalam menempatkan diri sebagai orang berkarisma serta sebagai salah satu kesatria sumbawa dan memperebutkan simpati masyarakat pada umunya dan sebagai nilai diri untuk gadis pujaan.

Wirawan Mappaconga Sekjen Pelaksana kegiatan barempuk kepada media ini menyatakan kalau kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan 28 Nopember dan peserta yang akan di undang sampai ke Kabupaten Sumbawa.

“Untuk peserta nantinya bukan hanya dari Sumbawa Barat melainkan juga akan diundang dari kabupaten sumbawa”. Ungkapnya

Di katakan Wira sapaan akrab, kalau kegiatan ini terlaksana atas suport dan dukungan Bupati dan masyarakat Sumbawa Barat yang cukup kuat sebagai bentuk mengembalikan memori masyarakat Sumbawa Barat khususnya dan Sumbawa pada umumnya, akan nilai budaya barempuk yang selalu menjunjung tinggi nilai sportifitas serta ajang silaturrahmi tau tana samawa tempo dulu.

“Kegiatan ini adalah bagian dari rangkaian silaturrahmi masyarakat samawa yang menjunjung tinggi persahabat dan persaudaraan dalam pelaksanaanya.
Karena hakikat dari permainan rakyat suku samawa terdahulu ini merupakan ajang menjalin silaturrahmi dan persahabatan”. Kata Wira

Untuk itu Wira berharap agar dalam pelaksanaan kegiatan barempuk ini betul-betul menjunjung tinggi nilai sportifitas baik panitia hingga peserta pelaksana agar budaya barempuk menjadi salah satu tontonan menarik masyarakat sumbawa barat.

“Saat ini kita ketahui yang sering menyelenggarakan kegiatan barempuk hanya di daerah kita, terbukti kegiatan ini nyaris setiap momen Harlah KSB selalu di adakan di bumi pariri lema bariri”. Ketus Wira

Untuk itu, Wira mengajak seluruh masyarakat KSB untuk dapat bersama- sama menjaga kelancaran pelaksanaan kegiatan ini dengan tetap menjunjung kebersamaan agar kegiatan ini terus dapat dilakukan di tempat ini.

“Mari kita mensukseskan kegiatan ini dengan tetap kita menjunjung tinggi nilai sportifitas dan betul-betul kita jadikan kegiatan ini ajang silaturrahmi dan persahabatan”. Ujar Wira

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.