oleh

Disnakertrans KSB : Jadi TKI ke Arab Saudi, Harus Punya Sertifikat Terlebih Dahulu

KSBnews – Sumbawa Barat

Kabar gembira bagi warga Sumbawa Barat, khususnya bagi yang berniat menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tujuan Arab Saudi.

Baru baru ini Pemerintah Pusat mencabut moratorium dan menunjuk lembaga pengiriman Tenaga Kerja melalui satu kanal penempatan.

Berbeda seperti sebelumnya, pengiriman tenaga kerja kali ini merupakan tenaga kerja skill yang telah mengikuti pelatihan dan mendapat sertifikat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Disnakertrans) Sumbawa Barat, Ir. H Muslimin mengatakan, Lembaga pengiriman TKI yang ditunjuk pemerintah pusat terdiri dari 78 Perusahaan penyalur tenaga kerja yang memiliki pengalaman 5 tahun dalam penempatan.

Perusahaan perusahaan tersebut nantinya akan memberi pelatihan bagi calon tenaga kerja. Jika dinyatakan lulus dan mendapat sertifikat, maka calon TKI tersebut siap untuk diberangkatkan ke negara tujuan.

” Mengikuti pelatihan dan memiliki Sertifkat merupakan persyaratan bagi calon TKI. Syarat ini harus dipenuhi sebelum diberangkatkan ke Negara Tujuan ” kata Muslimin.

Data Disnakertrans KSB, tujuan kerja ke Arab Saudi masih cukup diminati oleh pencari kerja. Dengan dibukanya pengiriman, dipastikan akan banyak yang mendaftar melalui perusahaan perusahaan penyalur tenaga kerja.

” Dari 78 perusahaan yang ditunjuk pemerintah, hanya beberapa yang membuka cabang di Sumbawa Barat. Kami akan koordinasi lebih lanjut dan mengupayakan pelatihan bisa dilakukan di Sumbawa Barat ” imbuh Muslimin (KN-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.