oleh

Bupati Sumbawa Barat Himbau Masyarakat Hentikan Aktifitas PETI Dan Gelondong

KSBnews – Sumbawa Barat

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H W Musyafirin, MM menghimbau masyarakat khususnya para pelaku Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) dan Gelondong untuk segera menghentikan aktifitasnya.

Selain ilegal, aktifitas tersebut dinilai sangat membahayakan. Tidak hanya berbahaya bagi pelaku, tetapi juga terhadap masyarakat yang terdampak akibat penggunaan logam berat seperti merkuri..

” Segera hentikan kegiatan PETI dan gelondong sebelum ada tindakan tegas dari aparat penegak hukum ” imbau H Firin, sapaan akrab Bupati, dalam sambutannya di momentum sholat idul adha di lapangan Masjid Agung Darussalam Taliwang. Minggu (11/8).

penggunaan merkuri atau lebih dikenal “air raksa” dalam aktifitas pengolahan emas secara tradisional di beberapa titik di wilayah Sumbawa Barat, telah diteliti oleh Tim dari Cornell University, Ithaca Newyork, Amerika Serikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pencemaran sudah sangat mengkhawatirkan atau melebihi ambang batas.

” Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Padi, ikan dan daging hewan sudah tercemar, dari itu segera hentikan aktifitas PETI dan Gelondong, carilah aktifitas lain yang lebih ramah lingkungan ” pesan H Firin.

Demi masa depan anak cucu di masa mendatang, orang nomor satu di bumi pariri lema bariri ini berharap agar masyarakat yang tidak terlibat dalam aktifitas penambangan dan pengolahan emas ilegal, untuk bisa menyampaikan kepada teman dan kerabat agar bersedia menghentikan aktifitasnya dalam merusak hutan dan mencemari lingkungan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.