oleh

SMKN 01 Taliwang Gelar Job Matching dan SMK Exspo

KSB NEWS – Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 01 Taliwang mengelar kegiatan job matching dan SMK Exspose pada Rabu (25/09).

Kegiatan ini melibatkan 10 SMK ( 5 SMK dari Kabupaten Sumbawa dan 5 SMK dari KSB, red ) dan 30 perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat.

Kepala Sekolah SMKN 01 Taliwang, Fahrudddin Yasin ZA, S.Pd dalam laporan kegiatan mengatakan, tujuan digelarnya job matching dan SMK exspo adalah untuk untuk meningkatkan silaturrahmi antara perusahaan yang berkepentingan merekrut tenaga kerja dengan calon tenaga kerja itu sendiri.

Data statistik menyebutkan, tamatan SMK merupakan salah satu penyumbang pengangguran terbesar. Ini sangat memprihatinkan dan sangat perlu untuk diperhatikan oleh pihak sekolah dan stake holder terkait.

” Salah satu cara yang akan ditempuh adalah mempersiapkan siswa siswi SMK untuk lebih mengenal usaha dan industri. Dengan upaya ini, anak anak lulusan SMK nantinya diharapkan mampu untuk memulai usaha mandiri dan siap dipekerjakan di perusahaan-perusahan yang membutuhkan karyawan, ” kata Kepala Sekolah SMKN 01 Taliwang.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H Rusman, SH, MH, memberi apresiasi atas pelaksanaan Job Matching dan SMK exspo.

Ia menekankan, upaya untuk memperkenalkan dan mendekatkan siswa siswi SMK pada usaha dan industri merupakan langkah yang tepat, dan merupakan salah satu cara untuk menyongsong era revolusi indutstri.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST memberi pujian, khususnya kepada Kepala Sekolah SMKN O1 Taliwang yang telah menyelenggarakan kegiatan.

” Kepala sekolah yang luar biasa. kegiatan ini tidaklah gampang, apalagi mengikutsertakan 30 Perusahaan. Ini pertama pertama kali di pulau sumbawa khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat,” puji Wabup.

Wabup berharap, kelanjutan dari kegiatan kegiatan ini bisa dirangkaikan dengan kerjasama yang baik, MoU dengan pelaku usaha untuk bisa menerima bekerja para ulumni SMK.

Pantauan media, dalam kegiatan job Matching dan SMK Exspo yag di gelar selam satu hari di Lapangan dan ruang kelas SMKN 01 Taliwang ini , juga berkesempatan hadir Ketua DPRD KSB, Kaharuddin Umar, Wakil Ketua DPRD, Merliza, perwakilan Polrea KSB dan Kodim 1628, para Kepala Dinas dan Kepala Sekolah serta tamu undangan lainnya.

Adapun 10 SMK yang ikut dalam kegiatan, dari Kabupaten Sumbawa, SMKN 01, SMKN 02, SMKN 03, SMKN Buer dan SMK Kelautan Alas. Sementara dari Kabupaten Sumbawa Barat, SMKN 01 Taliwang, SMKN Brang Ene, SMKN Brang Rea, SMKN Seteluk dan SMKN Maluk.
(KN-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.