oleh

Paguyuban Samaras Ano Rawi akan Gelar Kegiatan Barempuk

KSB NEWS – Paguyuban Samaras Ano Rawi berencana menghidupkan kembali salah satu olah raga tradisional tanah Samawa, Barempuk.

Ketua Paguyuban Samaras Ano Rawi, Ardiansyah mengatakan, Barempuk rencananya akan digelar pada 19 November dalam rangka menyemarakan HUT Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ke- 16 yang jatuh pada tanggal 20 November 2019.

” Kami berencana mengajak seluruh pencinta olah raga barempuk hingga ke Kabupaten Sumbawa. Pelaksanaannya sehari sebelum acara pucak perayaan HUT KSB, ” kata Ardiansyah, Rabu (25/09)

Menghidupkan kembali olahraga lokal “tau samawa” lanjut Ardiansyah, merupakan kewajiban semua pihak. Berangkat dari itu sejumlah LSM pemerhati budaya Sumbawa yang ada di bumi pariri lema bariri melakukan pertemuan dan sepakat bergabung dalam paguyuban Ano Rawi.

” Paguyuban Samaras Ano Rawi adalah kelompok sosial budaya yang akan mengangkat kembali budaya Mata Rame yaitu barempuk. Budaya ini penting untuk dipertahankan guna meningkatkan rasa persaudaraan dan meminimalisir pengaruh kulturasi budaya luar yang datang akibat migrasi ataupun karena ikatan perkawinan, ” jelasnya.

” Kami tergerak karena cemburu dengan budaya daerah lain yang kelestariannya dijaga, kita orang sumbawa banyak melupakan budaya sendiri, anak-anak kini banyak tidak mengenal budaya sumbawa seperti Repanca, Menca, Badempa dan Barempuk. Dari itu kami akan mengambil satu peran dengan menghidupkan kembali salah satu diantaranya yakni Barempuk, ” imbuh Ardiansyah. (KN-01)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.