oleh

Pentingnya Lembaga Adat, Pemda Libatkan Pemerintah Desa

KSB NEWS – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Sumbawa Barat menggelar acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Peran Lembaga Adat Desa, untuk meningkatkan serta memperkuat adat yang ada di desa, sekaligus memberi kewenangan pemerintah desa dalam menjaga serta mempertahankan adat yang ada.

Acara yang digelar di Hotel Andi Graha pada selasa, (22/10) berjalan penuh makna dan pengetahuan. hadir dalam acara tersebut, Kepala Bidang Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya dan Pemberdayaan Gotong Royong, Slamet Riyadi, S.Pi. Mi , kemudian Sajadah S Sos. Msi, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Putu Wijayah, Staf Pengawasan adat DPMPD Provinsi NTB. Serta Kepala Desa dan Staf Desa se Kabupaten Sumbawa Barat.

Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan Masyarakat Sosial Budaya dan Pemberdayaan Gotong Royong, Slamet Riyadi, S. Pi .Mi dalam sambutannya mengatakan, setiap desa diharapkan untuk mampu berkembang dalam meningkatkan kapasitas dan peran lembaga adat di desa.

“Saat ini lembaga adat hanya ada di Kabupaten, sehingga tidak mampu membidik atau melihat desa, pentingnya adat ditanah sumbawa barat ini perlu kita perkuat dengan melibatkan pemerintah desa,” ungkapnya.

Masih Slamet Riadi, Dengan keterlibatan peran pemerintah desa, maka nantinya budaya atau adat istiadat desa bisa dekembangkan dan menjadi ciri khas masing-masing desa.

Selanjutnya Staf Pengawasan Adat DPMPD Provinsi NTB, Putu Wijayah, menjelaskan bahwa, peran lembaga adat yang ada di desa untuk mengupayakan masyarakat lebih dapat bersatu padu dalam membangun desa.

“Dengan adanya lembaga adat di setiap desa, maka segala bentuk urusan baik pribadi atau sengketa diharapkan dapat diselsaikan secara kekeluargaan dan secara adat” Pungkasnya.

Ia melanjutkan, bagaimana supaya lembaga adat harus terlibat dalam kegiatan desa. dan memenuhi hak hak dasar masyarakatnya.

“Bukan hanya itu, peran serta desa diharapkan dapat mengembangkn produk lokal serta sumber daya alam yang dapat di kelolah agar bisa dikembangkan menjadi sebuah daya pikat daerah lain serta wisatawan yang berkunjung,” imbuhnya kembali.

Kami siap mendorong semua yang menjadi keinginan Pemerintah desa. karena perkembangan desa adalah sebuah keberhasilan yang nantinya akan di nikmati dan rasakan oleh masyarkat desa itu sendiri.(Kj1/*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.