Konsumsi Makanan Dapat Menyebabkan Asam Urat

Taliwang — Konsumsi makanan selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tetap sehat dan kuat, ternyata juga membawa dampak negatif bagi kesehatan tubuh

Hal ini terbukti dengan adanya berbagai makan yang dapat menyebabkan mengkristalnya kadar asam dalam tubuh, membuat nyeri dan pembekalan tiba-tiba pada persendian

” Perlu diketahui, kalau penyakit asam urat adalah zat yang diproduksi tubuh manusia, dari mencerna makanan yang mengandung purin”. Ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat H Tuwuh kepada media ini

Dijelaskan H.Tuwuh sapaan akrab Kadikes KSB ini, kalau pengidap asam urat perlu mengkonsumsi makanan rendah purin, jika tidak ingin penyakitnya kambuh.

” Makanan yang rendah purin kurang dari 100 miligram per 100 gram, adalah buah buahan”. Jelas H.Tuwuh

Lebih lanjut H.Tuwuh menjelaskan dengan mengkonsumsi buah akan mampu membantu mencegah serangan dengan menurunkan kadar asam urat serta mengurangi peradangan, “semua jenis buah cocok di konsumsi, pengidap asam urat karena buah mengandung purin dibawah 100”. Terang H.Tuwuh.

Selain itu, H. Tuwuh juga menyebutkan jenis lainya yang bagus dikonsumsi para penderita asam urat yaitu, sayur.sayuran, biji bijian utuh,susu,telur ayam,minyak nabati, ikan dan daging.

” Untuk sayuran yang baik di konsumsi kentang, kacang polong, jamur, terong dan sayuran berdaun hijau tua,” Sebut H.Tuwuh.

Menurut H.Tuwuh, disamping sayuran ikan yang aman di konsumsi penderita asam urat adalah Ikan salmon, lele, dan tuna.

H. Tuwuh juga menjelaskan terdapat beberapa jenis makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang, sehingga boleh dikonsumsi dalam jumlah terbatas oleh penderita asam urat seperti. Daging, ayam, sapi, dan domba “inilah jenis makanan yang masih aman di konsumsi namun harus dibatasi”. Terang H.Tuwuh

Selain yang dikonsumsi penderita asam urat harus menghindari beberapa jenis makanan yang tinggi purin.lebih dari 200 miligram purin per 100 gram. Makanan tinggi gula atau fruktosa juga sebaiknya dihindari atau setidaknya dibatasi.

” Makanan tinggi purin dan tinggi fruktosa yang harus dihindari seperti daging organ, hati, ginjal, dan otak.Daging burung, ayam pegar, sapi muda, dan daging rusa, sedangkan ikan haring, trout, mackerel, sarden, teri, haddock dan banyak lagi.dan beberapak makanan laut , seperti kerang, kepiting, udang, dan telur ikan untuk Hindari Minuman manis, terutama jus buah dan soda.Gula tambahan, seperti sirup jagung fruktosa tinggi”. Sebut H.Tuwuh.

Diterapkannya pengidap penyakit asam urat. Pastikan mencermati jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari agar serangan asam urat tidak kambuh.

Kendati demikian, saat serangan asam urat datang, pihaknya menganjurkan kepada pengidap untuk tidak panik dan tetap tenang serta Banyak istirahat dan perbaiki pola makan (*)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.