oleh

Kecamatan Taliwang Deklarasikan Pilar 2 Dan 3 STBM

KSBNEWS.COM — Pemerintah Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendeklarasikan pilar 2 (Cuci tangan pake sabun) dan 3 (pengelolaan air minum dan makanan) Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Rabu (9/9/2020) pagi tadi.

Acara yang diawali tarian “Cuci Tangan” yang dilakukan TP PKK sekecamatan Taliwang tersebut, turut dihadiri oleh Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin ST, Ketua GOW KSB, Kadis DPMD, Kadis Arpusda, Kadis Ketahanan Pangan, Sekdis Perhubungan, dan Sekdis Prikanan dan Kelautan.

Camat Taliwang, Aku Nur Rahmadin, S.Pd dalam laporannya mengatakan bahwa sebelum acara deklarasi yang dilakukan tersebut, 83 persen masyarakat Kecamatan Taliwang sudah menerapkan pilar 2 dan 3 STBM

“Dikecamatan Taliwang ini pak Wabup, ada 7 kelurahan, 9 Desa dan 1 Desa Persiapan dengan jumlah penduduk sekitar 49.370 jiwa dan 12.488 KK. 12.488 ini sudah diverifikasi dan dinyatakan tuntas pilar 2 dan 3 STBM dengan presentase 83 persen,” Kata Madin sapaan akrab camat taliwang.

Ia Mengungkapkan bahwa, hingga hari deklarasi kedua pilar STBM yang dilakukannya itu, masih ada 4 Desa yang belum menyerahkan laporan terkait penerapan pilar 2 dan 3 ke pihak pemerintah kecamatan Taliwang.

“Setelah ke 4 Desa menyerahkan laporan tersebut, InsyaAllah beberapa hari kedepan Kecamatan Taliwang 100 persen tuntas penerapan kedua pilar ini pak,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati KSB Fud Syaifuddin, ST dalam sambutannya meminta kepada Kepala Desa ke 4 Desa yang belum menyerahkan laporannya agar segera melakukan hal tersebut.

“Jujur saya juga penasaran dengan ke 4 Desa ini, kebetulan disini pasti ada Kepala Desanya, untuk itu yang belum menyerahkan laporan itu agar segerah diselesaikan dan diserahkan ke pak camat karena hal tersebut merupakan tanggungjawab,” pungkas Wabup.

Pantauan media, diakhir acara tersebut. Camat Taliwang, TP PKK Kecamatan Taliwang, Lurah, Kepala Desa, TP PKK Kelurahan / Desa, Danramil, Kapolsek, Korwil dan Ketua PDPGR Se-Kecamatan Taliwang melakukan penandatanganan komitmen untuk mensukseskan pilar 2 dan 3 STBM.

Tarian yang dilakukan oleh ketua TP PKK Kecamatan Taliwang dan beberapa ketua TP PKK Kelurahan dan Desa sekecamatan Taliwang itu tentunya memukau Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, ST serta seluruh tamu undangan yang berkesempatan hadir di acara tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.