Fisipol Universitas Cordova akan menyeleksi 19 Bakal Calon Kades

KSBnews – Sumbawa Barat

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) Universitas Cordova (Undova) akan melakukan seleksi untuk bakal calon kepala Desa (Cakades) pada 17 hingga 18 September 2019.

Tim dari Universitas Cordova yang ditunjuk langsung oleh Pemerintah Daerah, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sebagai tim seleksi (Timsel) pembantu yang bersifat independen dan tidak dapat di intervensi oleh lembaga dan pihak manapun.

Seleksi tambahan dilakukan untuk 3 Desa yang jumlah Cakadesnya di atas 5 orang. Diantaranya Desa Goa Kecamatan Jereweh 6 bakal Cakades, Desa Meraran Kecamatan Seteluk 7 bakal Cakades, dan terakhir Desa Talonang Baru Kecamatan Sekongkang 6 bakal Cakades.

Ditemui media ini, ketua tim seleksi tambahan bakal Calon Kepala Desa, sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Coedova, Muhammad Imran S.HI.,MH mengatakan, bahwa berdasarkan Peraturan Buapati (Perbub) Kabupaten Sumbawa Barat No 84 tahun 2018, tentang pedoman pelaksanaan pemelihan Kepala Desa. Bahwa bakal calon Kepala Desa yang lebih dari 5 orang akan mengikuti tes seleksi tambahan.

“19 bakal calon Kepala Desa akan mengikuti tes seleksi tambahan yang akan di laksanakan 17 sampai dengan 18 September, seleksi tersebut bertempat di Universitas Cordova, ” Jelasnya.

Ia juga menambahkan, adapun seleksi yang harus diikuti ada dua model yaitu,

1. Seleksi dengan penilaian pembobotan berdasarkan kriteria, yang mencakup pengalaman kerja di lembaga pemerintahan, tingkat pendidikan dan usia.

2. Ujian tulis yang mencakup tentang Pemerintahan, pengetahuan umum dan pengetahuan Bahasa Indonesia.


“Kami dari Tim seleksi tambahan Cakades Universitas Cordova akan memberikan penilaian berdasarkan Peraturan yang berlaku, sehingga tidak merugikan pihak manapun. Dan kami pastinya bersikap profesional, independen dan tidak bisa di intervensi oleh pihak manapun, ” Tutup ustads Imron sapaan akrabnya ketua tim seleksi Undova. (KN-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *