oleh

DUKCAPIL KSB Cetuskan Program KREASI

KSBnews – Sumbawa Barat

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) Sumbawa Barat terus berupaya meningkatkan pelayanan, salah satunya dengan menerapkan program KREASI guna menjangkau masyarakat di area publik.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Administrasi Kependudukan (PIAK), Abdul Muis S Sos M Si kepada media ini mengatakan, Saat ini Dukcapil Sumbawa Barat tengah berinovasi dengan membuka program non formal, program Kerja Sambil Rekreasi (KREASI).

Program tersebut merupakan upaya positif pemerintah sebagai soluli untuk mempercepat kepemilikan dokumen kependudukan masyarakat Sumbawa Barat.

” Program KREASI merupakan layanan yang dikeluarkan diluar jam kerja, dengan fokus sasaran kerja pada area publik. Seperti tempat rekreasi atau tempat berkumpulnya keluarga pada hari libur,” jelasnya, Jumat (30/8).

Tujuan utama dicetuakannya program kreasi ini adalah melayani masyarkat dalam membuat Akte Kelahiran, Kartu Identitas Anak, Perekaman KTP-el dan Dokumen penduduk lainnya.
Kedepan, progran ini akan dilakukan secara rutin, sebagai program kegiatan SKPD dalam rangka memberikan pelayanan lansung kepada masyarakat.
” Sebagai lokasi tujuan pertama, kami mencoba di Pantai Balat, Taman Tiang Nam, komplek KTC, hingga ke Pantai Maluk, ” ujarnya.

Upaya seperti ini dilakukan dalam rangka mensukseskan Gerakan Masyarakat Tertib Admninistrasi Kependudukan (Gerakan MATA) di KSB, dan pada ahirnya akàn bermuara pada pemutahiran Data Base kependudukan, valid dan actual.

Salah satu warga Sumbawa Barat yang sudah merasakan manfaat program Kreasi, adalah M. Anwar yang kala itu tengah menikmati liburan bersama keluarga di pantai Jelenga Kecaman Jereweh.
Kepada media ini dia mengaku sangat mengapresiasi program KREASI. Nantinya, program ini akan diminati karena memudahkan masyarakat, tidak perlu harus ke kantor karena pelayanan dibuka juga di tempat rekreasi.

” Saya iseng menghampiri petugas , saya coba tanya ternyata bisa dibuatkan Kartu Identitas Anak. Saya langsung minta tolong dibuatkan, eh tidak menunggu lama KIA anak saya langsung jadi. Terima kasih pada dukcapil yang sudah membuka layanan di tempat rekreasi. ” aku M. Anwar.(SN-03).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.