Headline News

Mengenang Sejarah, HWSB Terbitkan Buku Refleksi Perjuangan Pembentukan KSB

Mengenang Sejarah, HWSB Terbitkan Buku Refleksi Perjuangan Pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat

Taliwang – Himpunan Warga Sumbawa Barat (HWSB) di Jakarta berencana akan menerbitkan buku bertemakan sejarah pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), yang ditandai dengan soft launching, pada hari Sabtu (11/6), lalu. Hal itu dilakukan bertepatan dengan acara Silaturrahmi Warga KSB se – jabodetabek di gedung Dewan Dakwah Islamiah Jakarta.

Dalam keterangan persnya, Ketua HWSB Jabodetabek Drs. Burhanuddin, A. Manaf menerangkan terkait pembuatan buku tersebut, ini merupakan program dari HWSB yang bertujuan untuk mewariskan nilai-nilai perjuangan pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat.

” Saat ini pembuatannya sedang dalam proses melengkapi data-data. Pengumpulan data primer maupun sekunder yang sudah dilakukan melalui wawancara pengumpulan gumpulan referenri, berupa buku dan dokument sejarah pembentukan KSB yang sudah ada sebelumnya. InsyaAllah akan segera final”, Ungkap Burhan.

Ia juga mengatakan untuk pembuatan buku nantinya disusun se – obyektif mungkin, tanpa ada tendensi maupun intervensi dari pihak manapun. Semua masukan, catatan, informasi di akomodir, dan dibuat apa adanya. Hal ini menurut Burhan agar tidak ada persepsi bahwa pembuatan buku tersebut sesuai pesanan sponsor.

Sementara itu, penasehat HWSB H. Amir Jawas berbicara Sejarah Pembentukan Kabupaten ini harus diketahui oleh seluruh masyarakat KSB, agar mereka selalu bersyukur sejauh mana perjuangan terbentuknya Kabupaten Sumbawa Barat. “Mereka harus tahu bahwa kita bentuk Sumbawa Barat ini dengan “berang dan buja” (parang dan tombak). Artinya, perjuangan jiwa dan raga dilakukan dengan pengorbanan yang luar biasa, siap bertarung nyawa”, Kata Amir Jawas

Diketahui bahwa penyerahan Naskah buku akan diserahkan oleh H. Amir Jawas kepada Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M., sebagai tanda soft launching Refleksi perjuangan pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat.(j1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.