oleh

Lomba Kampung Sehat, DPMD KSB Akui Telah Meraih Prestasi Pada Sejumlah Kategori

Taliwang, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa Barat (DPMD KSB) menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih dalam lomba kampung sehat tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Meskipun hanya menjadi juara III, namun pada sejumlah kategori lain justru menjadi yang terbaik.

“Ditetapkan menjadi juara III tingkat provinsi NTB untuk kategori kampung sehat sudah sangat luar biasa, apalagi yang mengalahkannya adalah kampung yang telah tertata sebelum lomba, lantaran menjadi salah satu desa Wisata di Lombok Timur,” kata Ahlul Afwan S.Pi selaku kabid kelembagaan masyarakat sosial budaya dan pemberdayaan gotong royong.

Secara keseluruhan terdapan 16 Kategori yang dilombakan, dimana KSB mendapatkan juara pada beberapa Kategori. Diantaranya adalah kategori Pasar tersehat diraih Pasar Taliwang. Kategori Lurah/Kepala Desa terbaik diraih oleh Lurah Arab Kenangan. “Sebenarnya cukup banyak kategori yang mencatatkan perwakilan KSB menjadi nominator,” bebernya.

Untuk Kategori utama yaitu kategori kampung sehat 2020, Juara 1 dengan hadiah piala dan uang pembinaan sebesar 50 Juta Rupiah diraih Desa Kembang Kuning Kab. Lombok Timur, disusul pada juara kedua dengan hadiah piala dan uang pembinaan sebesar 30 Juta Rupiah diraih Desa Pernek Kabupaten Sumbawa dan pada posisi ketiga dengan hadiah piala dan uang pembinaan sebesar 20 Juta Rupiah jatuh pada Desa Mura Kabupaten Sumbawa Barat.

Dikesempatan itu Ahlul Afwan juga mengaku bahwa dampak positif atas kegiatan itu sudah mulai dirasakan dalam lingkungan masyarakat, sehingga diharapkan bisa terus dipertahankan model penataan bersama lingkungan masing-masing. “Inovasi Polda NTB itu memang memberikan dampak positif pada lingkungan, termasuk mengajak semua pihak untuk menjadi bagian dalam penataan lingkungan,” ungkapnya.

Sebagai informasi, kegiatan Kampung sehat award yang digelar Kepolisian Daerah NTB di Ballroom Kila Hotel Senggigi. Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Mabes Polri Komjen Pol Agus Andrianto, S.H., M.H. mewakili KAPOLRI, Kapolda NTB Irjen. Pol. M. Iqbal, S.I.K., M.H., Gubernur NTB, forkopimda NTB serta Bupati walikota se-NTB.

Kegiatan Kampung sehat merupakan penjabaran dari perintah kapolri dan leading sektornya adalah Barhankam polri. Dalam kegiatan lomba kampung sehat, SEHAT merupakan akronim dari STERIL, EKONOMI PRODUKTIF, HARMONIS, ASRI, TANGGUH. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan masyarakat dalam melawan covid-19 tersebut dilaksanakan sejak tanggal 17 juli 2020 s.d. 9 November 2020.

Hasilnya, seperti yang dikutip dari sambutan Gubernur NTB, tingkat kecemasan masyarakat terhadap covid-19 menurun sehingga masyarakat NTB secara umum menjadi lebih tahan terhadap covid-19, tentunya disertai dengan penerapan protokol kesehatan. **

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.