Lagi, Bupati KSB Terima Penghargaan dari Menteri ATR/BPN

KSB NEWS – Sebuah penghargaan bergensi kini kembali diraih Kabupaten Sumbawa Barat. Penghargaan itu adalah peringkat satu terbaik dalam kategori kinerja penyelenggaraan penataan Ruang kabupaten/kota di Indonesia yang diselenggarakan oleh kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ATR/BPN.

Pemberian penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri ATR/BPN, Sofyan Djalil kepada bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M dalam acara Sehari Bersama Direktorat Jenderal Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Penguasaan Tanah, Kementerian ATR/BPN yang berlangsung di Ruang Prambanan Gedung Kementerian ATR/BPN di Jakarta, Kamis (7/11) kemarin.

” Ya, penghargaan ini kita terima dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2019. Kita menjadi peringkat pertama setelah dilaksanakan serangkaian diskusi tematik bersama Menteri,” ungkap Bupati kepada KSB News.

Dalam diskusi itu, Bupati menyampaikan agar Kementerian dapat mengeluarkan sebuah kebijakan atau regulasi yang memiliki daya paksa untuk pembelian atau pembebasan lahan dalam rangka investasi. Hal tersebut penting karena saat ini pembebasan lahan yang bersifat daya paksa hanya untuk kepentingan umum yang dilakukan oleh pemerintah.

“Regulasi itu untuk mendukung investasi. Nantinya juga untuk mengantisipasi keengganan masyarakat menjual tanahnya dan atau mahalnya harga tanah warga. Sikap tersebut sangatlah memberatkan pertumbuhan investasi di daerah,” jelas Bupati.

Bupati juga menyarankan agar Pemda yang melaksanakan penataan ruang terbaik tidak hanya diberi penghargaan berupa piala atau piagam, namun dengan indikator capaian terbaik dalam penataan ruang tersebut, Kementerian Keuangan bisa memberikan dana insentif bagi daerah.

“Nantinya dana insentif tersebut oleh Pemda akan digunakan sebagai insentif juga kepada masyarakat yang melaksanakan atau taat dalam tata ruang.” ujarnya.

Masukan dari Bupati itu pun mendapat sambutan hangat dan dukungan dari Kepala Daerah lainnya yang hadir dalam kegiatan tersebut. Selain KSB, dua daerah lainnya yang mendapat penghargaan dari Menteri ATR/BPN adalah Walikota dan Bupati Bogor.(Kr.03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *