oleh

Festival Taliwang, Tahun 2021 Disederhanakan, Beda Dari Tahun Sebelumnya

Taliwang — Festival Taliwang jilid II tahun 2021 akan disederhanakan pelaksanaannya beda dengan tahun sebelumnya karena ada beberapa Item yang tidak diselenggarakan. Serta mengurangi tamu undangan.

“Pelaksanaan Festival Taliwang tahun ini akan kita sederhanakan, ini disebabkan karena pandemi covid-19 yang masi ada di tengah kita”. Ungkap Kadis Porpora Sumbawa Barat Ir.Sumbawanto kepada media ini belum lama ini di ruang kerjanya.

Dikatakan Sumbawanto kalau
anggaran yang diusulkan pihaknya dalam penyelenggaraan kegiatan Festival Taliwang ini senilai Rp 1,5 milyar dari Anggaran dan Belanja Daerah (APBD) KSB tahun 2021, tentu anggaran tersebut 2 kali lipat dari anggaran pelaksnanaan Festifal Taliwang Tahun 2019 lalu.

“Anggaran tersebut kami usulkan pada pembahasan anggaran APBD-P. Tahun ini, dan anggaran ini sangat jauh berbeda dengan tahun 2019 yang berkisar 3 Milyar”. Terang Sumbawanto

Dikatakan sumbawanto Meski anggaran yang diusulkan tersebut tergolong cukup besar, dana terseebut tidak termasuk untuk mendukung kegiatan Berapan Ayam, Berampok dan Berapan Kebo meski diselenggarakan dalam memeriahkan kalender event nasional itu.

“Dana 1,5 itu dipokuskan pemanpaatanya untuk pembiayaan festival dan kebutuhan lainya. Seperti konsumsi, latihan, transportasi, penataan arena, koreografer hingga pada tata panggung dan sound system,”Ujar Ir. IGB Sumbawanto.

Disebutkanya, dalam pengusulan anggaran 1.5 Milyar ini tergolong kecil.hal ini disebabkan beberapa pertimbangan diantaranya jumlah tamu undangan yang akan dikurangi baik itu dari kalangan pejabat negara atau masyarakat.

jumlah penari kurang lebih 75-100 orang. “Dengan adanya pengurangan audien, maka secara otomatis ada hubungannya dengan anggaran”. Tukas Sumbawanto

Kendati demikian halnya menurut IGB Sumbawanto pihaknya optimis kalau festival taliwang tahun ini tidak akan kalah meriah dari pelaksanaan sebelumnya, hal ini dikarenakan kerjasama pihaknya dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Solo dalam penyelenggaraanya.

“Saya mengajak masyarakat KSB ini untuk dapat bersama -sama memeriahkan festival taliwang tahun ini meski di era pandemi, dan kita selalu mematuhi protokol kesehatan”. Ajak Sumbawanto(Jy**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.