oleh

Dikpora KSB Gelar Pendidikan Dan Pelatihan Kompetensi Guru Olahraga

KSBnews – Sumbawa Barat

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Sumbawa Barat menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi Guru Olahraga Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai 19 – 21 September 2019.

Pendidikan dan Pelatihan Guru Olahraga ini dilaksanakan oleh Bidang Ketenagaan khususnya Seksi Ketenagaan SMP. Peserta berasal dari Sekolah SMP Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat.

Kepala Dinas Dikpora KSB, Drs. H.Muhklis, M.Si melalui Kepala Bidang Ketenagaan, Hermanto, S.Pd., MM, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru olahraga di Kabupaten Sumbawa Barat.

” Kegiatan ini adalah kegiatan perdana bagi bidang olahraga, tentunya harus disambut gembira oleh para guru mata pelajaran olahraga serta dapat dimaksimalkan oleh peserta untuk diaplikasikan didunia pendidikan, ” kata Hermanto, S.Pd., MM.

Ditempat yang sama Kepala Seksi Ketenagaan SMP, Harmansyah, S.Pd., M.Pd. secara tehknis dan mendetail mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 33 peserta yang datang dari SMP Negeri dan Swasta yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat.

Pengembangan SDM guru dan tenaga kependidikan bertujuan memberikan kesempatan kepada guru dan tenaga kependidikan untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap individu sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan di sekolah.

Di samping itu, juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan fisiologis, jaminan keamanan, sosial, pengakuan dan penghargaan serta kesempatan mengembangkan diri.

” Pendidikan dan pelatihan suatu proses yang akan menghasilkan suatu perubahan perilaku. Secara nyata perubahan perilaku itu berbentuk peningkatan mutu kemampuan dari sasaran pendidikan dan pelatihan,” beber Harmansyah.

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tehknologi, guru dituntut untuk profesional dalam setiap mata pelajaran yang digeluti. Hal itu dilakukan guna meningkatkan kualitas peserta didik, yang nantinya akan bersaing dalam ranah global.

Terlebih guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang merupakan komponen utama dalam pembelajaran dan berkontribusi dalam mempengaruhi hasil kualitas peserta didik, maka sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme guru tersebut.

” ini adalah ajang menambah wawasan bagi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, perlu dilakukan gebrakan-gebrakan untuk meningkatkan kemampuan guru olahraga, ” tandas Harmansyah.

Melihat antusiasme peserta dan respon positif mereka, Haris sapaan akrabnnya, mengaku akan mengadakan lagi kegiatan yang sama pada tahun depan. Demikian Harmansyah, S.Pd., M.Pd.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.