Puskesmas Maluk dan Jereweh KSB, Akan Di Bangun Gedung Baru

KSBNEWS.COM — Guna mendapat pasilitas pelayanan kesehatan yang maksimal dan nyaman bagi masyarakat, tentunya dibutuhkan fasilitas yang memadai, disamping peralatan medis yang ada juga dibarengi dengan bangunan yang memadai.

Hal tersebut disadari Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, melalui Dinas Kesehatan mengumumkan rencana pembangunan baru. Yakni dua gedung Puskesmas yang ada di dua Kecamatan Maluk dan Jereweh tahun 2021.

Proyek pembangunan Puskesmas Maluk dan Jereweh, kini tengah dalam proses tender untuk segera dilakukan proses pembangunannya.

“Saat ini dalam proses tender. Keduanya menelan biaya yang cukup besar dari DAK mencapai Rp 7,8 milyar,” ungkap Kadis Kesehatan, H. Tuwuh melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Hendri Kurniawan kepada media, Kamis (22/4/2021).

Dalam penjelasanya, sebanyak dua bangunan baru PKM, ini berdasarkan prototipe Permenkes 43 thun 2019 yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan sejak 2016. Artinya, bangunan yang lama tidak layak digunakan menjadi standar pelayanan.

“Puskesmas lain juga kita ajukan untuk rehab. Tapi, ini yang disetujui oleh DAK Kementrian,” terang Hendri

Ia berharap bahwa dalam waktu dekat ini, proses lelang tuntas hingga muncul perusahaan pemenang yang dipercayakan pemerintah, agar pembangunan dapat dirasakan oleh publik.

“Selama masih ada Puskesmas yang tidak sesuai dengan prototipe, itu akan kami usulkan untuk selanjutnya mendapat perhatian dari Kemenkes,” Demikian Hendri (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *